Apapun yang kamu baca, Sholat lebih utama jika sudah waktunya

Cara Membuat BPJS Ketenagakerjaan


Kamu sudah bekerja tetapi belum menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan? bila belum terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, segeralah menghubungi bagian sumber daya manusia di perusahaan tempat kamu bekerja dan tanyakan tentang hak kamu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Setiap pemberi kerja berkewajiban mendaftarkan pekerja mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sesuai amanat Undang-Undang.

Akan tetapi, bila saat ini kamu tidak tercatat sebagai pekerja di sebuah perusahaan atau bekerja sebagai pekerja mandiri / perseorangan, kamu tetap bisa menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dan mendapatkan beragam manfaat juga keuntungan sebagai peserta.
Cara daftar BPJS ketenagakerjaan juga tidak susah.

Di BPJS ketenagakerjaan tersedia program kepesertaan untuk peserta bukan penerima upah (BPU). Yang termasuk kategori peserta BPJS ketenagakerjaan bukan penerima upah adalah tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di luar hubungan kerja. kelompok ini bekerja sendiri dan tidak menerima upah dari sebuah perusahaan atau kantor.

Misalnya, para pemberi kerja, wiraswastawan, pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri seperti tukang ojek, supir angkot, pedagang keliling atau profesional seperti dokter, pengacara, pekerja seni dan lain sebagainya.

Caradaftar BPJS ketenagakerjaan bisa selesai dalam sehari. kamu bisa mendaftarkan diri langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat, atau mendaftar melalui wadah/kelompok atau mitra seperti paguyupan profesi yang nanti mendaftarkan secara berkelompok ke kantor BPJS ketenagakerjaan.

Dokumen yang harus kamu siap adalah kartu identitasyang memuat Nomer induk kependudukan seperti KTP, lalu mengisi formulir F1 berjenis bukan penerima upah untuk pendaftaran wadah/kelompok/mitra baru. Formulir bisa kamu dapatkan di kantor BPJS ketenagakerjaan langsung atau melalui website.

  

0 Response to "Cara Membuat BPJS Ketenagakerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel